Senin, 25 Juli 2016

Sektor Dan Industri Di Indonesia
Sektor di Indonesia
Description: untitled4

Penjelasan:
Tiga sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah sektor pertanian 5,1 persen. sektor pengangkutan dan komunikasi 4,1 persen dan sektor listrik gas dan air bersih 3,6 persen. Sementara untuk pertumbuhan sektor pengangkatan dan komunikasi tumbuh 19,6 persen. Sektor llistrik, gas,dan air bersih 11,2 persen dan sektor keuangan,real estate dan jasa perusahaan 8,7 persen. Struktur PDB Triwulan II 2008 masih didominasi oleh sektor industri, sektor pertanian dan sektor perdagangan, hotel dan restoran masing-masing meberikan konstribusi 27,3 persen, 14,7 persen, 14, 3 persen.
Pertumbuhan ekonomi yang diukur berdasarkan kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB) pada triwulan II tahun 2008 mencapai 2,4 % dibanding Triwulan I 2008. Bila dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun 2007, mengalami pertumbuhan 6,4 %. Deputi Bidang Neraca dan analisis Statistik BPS. Laju pertumbuhan ekonomi (triwulan II ini lebih tinggi dibanding triwulan I 2008 yang hanya 2,19 %. Laju perumbuhan ekonomi Triwulan II, 6,39 %, lebih tinggi dibanding triwulan I 2008, 6,32%.Laju pertumbuhan ekonomi Triwulan II 2008, 6,36 %, lebih tinggi dibandingkan Triwulan I 2008, 6,32 %.

Industri di Indonesia
Industri secara umum adalah kelompok bisnis tertentu yang memiliki teknik dan metode yang sama dalam menghasilkan laba. Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.

A.  macam-macam industri berdasarkan tempat bahan baku
1.      Industri ekstraktif adalah industri yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar.
2.      Industri nonekstaktif adalah industri yang bahan baku didapat dari tempat lain selain alam sekitar.
3.      Industri fasilitatif adalah industri yang produk utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya. Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi, dan ekspedisi

B.   macam-macam industri berdasarkan besar kecil modal
1.      Industri padat modal adalah industri yang dibangun dengan modal yang jumlahnya besar untuk kegiatan operasional maupun pembangunannya
2.      Industri padat karya adalah industri yang lebih dititik beratkan pada sejumlah besar tenaga kerja dalam pembangunan serta pengoperasiannya

C.       Jenis-jenis industri berdasarkan klasifikasi
1.      Industri kimia dasar contohnya seperti industri semen, obat-obatan, kertas, dan pupuk.
2.      Industri mesin dan logam dasar misalnya seperti industri pesawat terbang,motor,dan tekstil
3.      Industri kecil Contoh seperti industri roti,kompor minyak, makanan ringan, dan minyak goring curah
4.      Aneka industry misal seperti industri pakaian, industri makanan dan minuman..

D.       Jenis-jenis industri berdasarkan jumlah tenaga kerja
1.      Industri rumah tangga Adalah industri yang jumlah karyawan berjumlah antara 1-4 orang.
2.      Industri kecil Adalah industri yang jumlah karyawan berjumlah antara 5-19 orang.
3.      Industri menengah Adalah industri yang jumlah karyawan berjumlah antara 20-99 orang.
4.      Industri besar Adalah industri yang jumlah karyawan berjumlah antara 100 orang atau lebih.

E.        Penggolongan industri berdasakan pemilihan lokasi
1.      Industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada pasar (market oriented industry) Adalah industri yang didirikan sesuai dengan lokasi potensi target konsumen.
2.      Industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada tenaga kerja / labor (man power oriented industry) Adalah industri yang berada pada lokasi di pusat pemukiman penduduk karena jenis industri ini membutuhkan banyak  pekerja untuk lebih efektif dan efisien.
3.      Industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada bahan baku (supply oriented industry) Adalah jenis industri yang mendekati lokasi di mana bahan baku berada untuk memotong biaya transportasi yang besar.

F.        Macam-macam industri berdasarkan produktifitas perorangan
1.      Industri primer adalah industri yang barang-barang produksinya tanpa diolah terlebih dahulu
Contohnya adalah hasil produksi pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan.
2.      Industri sekunder adalah industri yang bahan mentah diolah sehingga menghasilkan barang- barang untuk diolah kembali. Misalnya adalah pemintalan benang sutra, komponen elektronik, dan sebagainya
3.      Industri tersier adalah industri yang produknya berupa layanan jasa.
Contoh seperti telekomunikasi, transportasi, dan perawatan kesehatan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar