Pengertian diferensiasi produk secara
umum merupakan pembedaan suatu produk dengan produk lainnya. Pengertian
lain juga tentang diferensiasi produk adalah pembedaan suatu produk
dalam suatu perusahaan, agar pihak konsumen dapat memilih produk yang
mana, yang mereka inginkan. Yang menjadi alternatif konsumen untuk
memilih suatu produk didasari pada warna, kualitas dan harga.
Diferensiasi produk atau pembedaan produk merupakan suatu strategi
perusahaan untuk mempromosikan produk yang diproduksinya dengan produk
perusahaan pesaingnya. Strategi ini didayagunakan sehingga perusahaan
dapat menghindari persaingan harga. Perusahaan meletakkan perbedaan
dalam desain produk, merek, kemasan, ukuran dan rasa.
- Desain Produk
Desain produk adalah salah satu aspek pembentuk citra produk seperti warna, kualitas jaminan dan pertanggung jawaban.
- Merek
Merek merupakan nama istilah simbol atau desain khusus atau beberapa kombinasi unsur-unsur yang direncanakan untuk mengidentifikasi barang dan jasa.
- Kemasan
Sebagai seluruh kegunaan merancang, memproduksi bungkus atas kemasan suatu produk.
- Ukuran dan rasa
Menunjukan kualitas produk suatu barang jika perusahaan dapat melakukan diferensiasi produknya secara efektif, maka perusahaan dapat menetapkan harga, diatas harga sebenarnya. Diferensiasi memungkinkan perusahaan memperoleh keuntungan berdasarkan nilai tambah yang dirasakan dan diberikan kepada pelanggan.
- Desain Produk
Desain produk adalah salah satu aspek pembentuk citra produk seperti warna, kualitas jaminan dan pertanggung jawaban.
- Merek
Merek merupakan nama istilah simbol atau desain khusus atau beberapa kombinasi unsur-unsur yang direncanakan untuk mengidentifikasi barang dan jasa.
- Kemasan
Sebagai seluruh kegunaan merancang, memproduksi bungkus atas kemasan suatu produk.
- Ukuran dan rasa
Menunjukan kualitas produk suatu barang jika perusahaan dapat melakukan diferensiasi produknya secara efektif, maka perusahaan dapat menetapkan harga, diatas harga sebenarnya. Diferensiasi memungkinkan perusahaan memperoleh keuntungan berdasarkan nilai tambah yang dirasakan dan diberikan kepada pelanggan.
Kotler (2002:2) secara garis besar
menyatakan diferensiasi produk adalah penawaran produk perusahaan yang
memiliki sesuatu yang lebih baik, lebih cepat dan lebih murah yang akan
menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi pelanggan dibandingkan produk
pesaing.
Menurut Kotler (2002:328), diferensiasi
adalah tindakan merancang serangkaian perbedaan yang berarti untuk
membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing. Selanjutnya Kotler
(2002:329) menyebutkan bahwa perusahaan dapat mendiferensiasikan
tawaran pasarnya menurut 5 dimensi, yaitu: produk, pelayanan,
personalia, saluran pemasaran atau citra.
Kotler (2002 : 329) menerangkan
produk-produk fisik itu bervariasi dalam potensinya untuk diferensiasi,
di ujung yang satu kita menemukan produk yang memungkinkan sedikit
variasi : Ayam, Baja Apinir. Di ujung lain ada produk dengan
diferensiasi tinggi seperti mobil, motor, bangunan komersial dan meubel.
Di sini penjual menghadapi banyak sekali parameter rancangan yang
mencakup bentuk, keistimewaan (feature), kinerja, kesesuaian, daya
tahan, keandalan, kemudahan untuk diperbaiki, gaya dan rancangan.
Diferensiasi pelayanan meliputi kemudahan pemasanan, pengiriman
pemasangan, pelatihan pelanggan, konsultasi pelanggan, pemeliharaan dan
perbaikan dan keramahan. Diferensiasi personalia meliputi : kemampuan,
kesopanan, dapat dipercaya dapat diandalkan, cepat tanggap dan
komunikasi. Diferensiasi saluran meliputi : cakupan, keahlian, dan
kinerja. Diferensiasi citra meliputi : cakupan, keahlian dan kinerja.
Diferensiasi citra meliputi : Lambang, media, atmosfir dan citra.
Kotler (1999 : 364) mengemukakan suatu perbedaan atau diferensiasi dapat dikembangkan jika memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
- Penting ; Perbedaan itu memberikan banyak manfaat bagi cukup banyak pelanggan
- Jelas ; Perbedaan itu tidak dimiliki orang lain atau dapat dikemas dengan lebih jelas.
- Unggul ; Perbedaan itu lebih baik dari cara lain untuk mendapatkan manfaat yang sama.
- Dapat dikomunikasikan ; perbedaan itu dapat dimengerti dan di lihat oleh pembeli.
- Mendahului ; perbedaan itu tidak mudah ditiru pesaing
- Terjangkau ; pembeli dapat menjangkau selisih harganya
- Menguntungkan ; perusahaan memperoleh laba dengan menonjolkan perbedaan itu
Kotler (1999 : 364) mengemukakan suatu perbedaan atau diferensiasi dapat dikembangkan jika memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
- Penting ; Perbedaan itu memberikan banyak manfaat bagi cukup banyak pelanggan
- Jelas ; Perbedaan itu tidak dimiliki orang lain atau dapat dikemas dengan lebih jelas.
- Unggul ; Perbedaan itu lebih baik dari cara lain untuk mendapatkan manfaat yang sama.
- Dapat dikomunikasikan ; perbedaan itu dapat dimengerti dan di lihat oleh pembeli.
- Mendahului ; perbedaan itu tidak mudah ditiru pesaing
- Terjangkau ; pembeli dapat menjangkau selisih harganya
- Menguntungkan ; perusahaan memperoleh laba dengan menonjolkan perbedaan itu
Mc Carty dan Perreault mendefinisikan
diferensiasi produk adalah penawaran produk perusahaan yang memiliki
sewaktu yang lebih baik lebih baru, lebih cepat dan lebih murah yang
akan menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi pelanggan produk pesaing
(A.W. Tunggal, 2001 : 37)
Kemudian menurut Berkowits dan kawan
kawan : "Differentiation is using innovation and significant point of
difference in product offering higher quality, advance technology or
superior service in a wide range of market segments". Artinya
diferensiasi dilakukan dengan menggunakan inovasi dan bal hal yang
berarti dari pembeda produk yang ditawarkan mencakup kualitas terbaik
kemajuan teknologi atau pelayanan prima terhadap keseluruhan pasar
Sasaran, (A.W. Tunggal, 2001 : 37).
Selanjutnya A.W. Tunggal (2001 : 37) mengatakan diferensiasi dapat didasarkan pada :
a. Physical differences misalnya : facture, kinerja, daya tahan, desain gaya, dan lain lain
b. Availability differences misalnya : Ketersediaan di toko, dapat dipesan lewat fax, telepon dan internet
c. Service differences misalnya : harga yang tinggi harga menengah, reparasi
d. Price differences : harga yang tinggi, harga menengah, harga rendah.
e. Image Differences misalnya : Symbol, Events, Atmosfir, media.
a. Physical differences misalnya : facture, kinerja, daya tahan, desain gaya, dan lain lain
b. Availability differences misalnya : Ketersediaan di toko, dapat dipesan lewat fax, telepon dan internet
c. Service differences misalnya : harga yang tinggi harga menengah, reparasi
d. Price differences : harga yang tinggi, harga menengah, harga rendah.
e. Image Differences misalnya : Symbol, Events, Atmosfir, media.
Kesamaan produk biasanya ada di antara
para pesaing dan diferensiasi bertujuan untuk mengembangkan kemampuan
kemampuan khusus yang dipandang unik oleh seluruh industri dalam istilah
pemasaran ini dikenal dengan pemasaran yang berbeda (differentiated
marketing).
Selanjutnya dijelaskan oleh (Kotler 2002 : 329 : 332) bahwa banyak produk dapat didiferensiasi berdasarkan bentuk, ukuran, model atau struktur fisik sebuah produk. Keistimewaan yakni karakteristik yang melengkapi fungsi dasar produk. Mutu kinerja mengacu pada level di mana karakteristik dasar produk itu beroperasi. Kualitas kesesuaian adalah tingkat di mana semua unit yang di produksi adalah identik dan memenuhi spesifikasi sasaran yang dijanjikan. Daya tahan adalah suatu ukuran usia operasi produk yang diharapkan dalam kondisi normal dan atau berat. keandalan adalah ukuran kemungkinan suatu produk tidak akan rusak atau gagal dalam suatu periode waktu tertentu. Mudah diperbaiki adalah suatu ukuran kemudahan untuk memperbaiki suatu produk yang rusak atau gagal. Gaya menggambarkan penampilan dan perasaan yang ditimbulkan oleh produk itu bagi pembeli. Rancangan adalah totalitas keistimewaan yang mempengaruhi penampilan dan fungsi suatu produk dari segi kebutuhan pelanggan.
Selanjutnya dijelaskan oleh (Kotler 2002 : 329 : 332) bahwa banyak produk dapat didiferensiasi berdasarkan bentuk, ukuran, model atau struktur fisik sebuah produk. Keistimewaan yakni karakteristik yang melengkapi fungsi dasar produk. Mutu kinerja mengacu pada level di mana karakteristik dasar produk itu beroperasi. Kualitas kesesuaian adalah tingkat di mana semua unit yang di produksi adalah identik dan memenuhi spesifikasi sasaran yang dijanjikan. Daya tahan adalah suatu ukuran usia operasi produk yang diharapkan dalam kondisi normal dan atau berat. keandalan adalah ukuran kemungkinan suatu produk tidak akan rusak atau gagal dalam suatu periode waktu tertentu. Mudah diperbaiki adalah suatu ukuran kemudahan untuk memperbaiki suatu produk yang rusak atau gagal. Gaya menggambarkan penampilan dan perasaan yang ditimbulkan oleh produk itu bagi pembeli. Rancangan adalah totalitas keistimewaan yang mempengaruhi penampilan dan fungsi suatu produk dari segi kebutuhan pelanggan.
Adapun manfaat dari diferensiasi produk yaitu :
1. Untuk melakukan modifikasi yang substansi terhadap produk yang dihasilkan selama ini
2. menciptakan produk baru untuk memberikan manfaat tanpa mengubah saluran distribusi pemasaran
3. Memperpanjang daya guna produk yang dihasilkan sekarang
4. Menarik keuntungan dari reputasi perusahaan karena produk yang dihasilkan, diminati oleh para pelanggan.
1. Untuk melakukan modifikasi yang substansi terhadap produk yang dihasilkan selama ini
2. menciptakan produk baru untuk memberikan manfaat tanpa mengubah saluran distribusi pemasaran
3. Memperpanjang daya guna produk yang dihasilkan sekarang
4. Menarik keuntungan dari reputasi perusahaan karena produk yang dihasilkan, diminati oleh para pelanggan.
Ambar Agustono Machfoedy Copyright
(2005) mengadakan penelitian tentang strategi pemasaran apa yang
sebaiknya digunakan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) agar mampu
mempertahankan ketahanan hidupnya mengingat perusahaan kecil dan
menengah punya keterbasan (terutama dari segi modal), sehingga mereka
harus mampu melakukan diferensiasi usaha dengan cara yang berbeda dari
apa yang dilakukan oleh perusahaan besar. Menurut Ambar, yang perlu
dilakukan oleh Usaha kecil dan menengah adalah melakukan apa yang di
sebut aktivitas “bellow the line”. Apa yang dimaksud dengan bellow the
line ? aktivitas ini meliputi usaha yang dilakukan untuk mempromosikan
produk mereka seperti pameran atau aktivitas penjualan tak langsung,
seperti memperkerjakan orang untuk menyebarkan selebaran atau brosur
atau sebagai pengusaha langsung berhadapan dengan pelanggan untuk
membuat pendekatan atau mengetahui apa yang inginkan. Kesimpulannya
usaha kecil dan menengah haruslah menjalankan strategi dengan cara
menciptakan hubungan dengan orang-orang yang menjadi target pasarnya.
Sumandy (Copyright 2005) mengadakan
penelitian tentang diferensiasi produk yang dilakukan oleh Pocari Sweat.
Dia mengatakan bahwa diferensiasi merupakan hal yang penting. Namun
menurutnya diferensiasi tidak boleh sekedar berbeda. Diferensiasi harus
terlebih dahulu diuji pada konsumen apakah value yang ditawarkan itu
dipersepsi penting atau tidak disinilah kehebatan Pocari Sweat, ia
merupakan true brand, bukan taste brand, yang mana ia konsisten dan
tidak terbujuk mengeluarkan produk dalam berbagai rasa. Dia isotonic
yang dijual adalah khasiatnya sebagai minuman pengganti ion-ion tubuh
yang hilang.
Andi Anugerah (Copyright 2005) sebagai
pengamat call center dan dewan sekretaris asosiasi call center Indonesia
mengamati call center atau yang sering juga disebut sebagai phone
banking karena aktivitas pelayanan perbankan hanya dilakukan melalui
telepon (pelayanan virtual). Perkembangan pelayanan phone banking di
Indonesia, terlihat semakin menonjol beberapa tahun belakangan ini, dan
menjadi bagian dari bisnis perbankan phone banking telah digunakan
sebagai penegasan bagi pelayanan perbankan 24 jam yang lebih mudah,
lebih cepat, dan lebih canggih. Diferensiasi pelayan call center akan
memberi kemudahan bagi nasabah dalam mengenali call center suatu bank,
sehingga memungkinkan nasabah mendapat solusi finansial bagi pribadi dan
bisnisnya. Ikatan antara nasabah dan bank akan terbentuk dari berbagai
interaksi yang dilakukan call center, yang berarti melakukan interaksi
lebih sering dan berdampak pada penggunaan solusi produk yang lebih
tepat dan transaksi bernilai yang lebih sering pula.
Diferensiasi dapat dilakukan pada nomor
telepon akses yang unik dan mudah diingat, solusi pelayanan yang
profesional, proses pelayanan singkat dan cepat, metode promosi yang
konsisten dan berkesinambungan. Kesemuanya melahirkan nuansa baru bagi
pelayanan nasabah yang tak terlupakan dan menjadi “brand” tersendiri
bagi call center untuk mengangkat citra bank yang profesional, mudah,
cepat dan nyaman.
Beralihnya nasabah melakukan transaksi perbankan melalui telepon untuk memberi kemudahan bagi bank untuk mengembangkan bisnis lebih cepat, meningkatkan kualitas kontrol pelayanan, meningkatkan pendapatan bank dengan proses pelayanan tersentralisasi dan lebih murah.
Beralihnya nasabah melakukan transaksi perbankan melalui telepon untuk memberi kemudahan bagi bank untuk mengembangkan bisnis lebih cepat, meningkatkan kualitas kontrol pelayanan, meningkatkan pendapatan bank dengan proses pelayanan tersentralisasi dan lebih murah.
Sumber :
Kotler, Philip (2002), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Milenium, PT. Prebalindo, Jakarta
Tunggal Amin. W, (2001). Tanya Jawab Manajemen Pemasaran Kontemporer, Cetakan Pertama, Harvarindo. Jakarta
Ambar, Machfoedy (2005), Usaha Kecil Menengah Definisi dan Pengenalan Tentang Strategi Marketing
Andi Anugerah (2005), Strategi Call Center Perbankan Sebagai Interaksi Nasabah
Sumandy (2005), Ramai-Ramai Mengepung Pocari Sweat, swa.co.id
Kotler, Philip (2002), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Milenium, PT. Prebalindo, Jakarta
Tunggal Amin. W, (2001). Tanya Jawab Manajemen Pemasaran Kontemporer, Cetakan Pertama, Harvarindo. Jakarta
Ambar, Machfoedy (2005), Usaha Kecil Menengah Definisi dan Pengenalan Tentang Strategi Marketing
Andi Anugerah (2005), Strategi Call Center Perbankan Sebagai Interaksi Nasabah
Sumandy (2005), Ramai-Ramai Mengepung Pocari Sweat, swa.co.id
mkasih gan ,,, postingan pengertian-diferensiasi-produk , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !
BalasHapus